Apakah Selulitis Menular?



Banyak orang bertanya-tanya, "Apakah selulitis menular?" Ini adalah pertanyaan yang cukup cerdas untuk ditanyakan, karena ia memiliki kesamaan dengan penyakit kulit lain yang menular, seperti poison ivy atau cacar air. Tetapi, untuk memahami selulitis dengan lebih baik, kita akan menjelaskan apa itu, apa yang menyebabkannya, dan bagaimana Anda dapat mencegah dan mengobatinya. Kemudian, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang masalah ini. Tentu saja, pertanyaan terbesar dari semua tentang selulitis adalah apakah itu menular. Jadi mari kita menyingkir.

Apakah Cellulitis Menular?
Ya tidak. Jika Anda secara tidak sengaja menyentuh seseorang yang memilikinya, Anda mungkin tidak akan terinfeksi. Sayangnya, segala sesuatunya tidak sesederhana itu dan itulah sebabnya kami akan menyebutkan semua situasi yang dapat Anda hadapi yang melibatkan kemungkinan terkena infeksi kulit ini.

Tetapi pertama-tama, mari kita lihat beberapa informasi dasar tentang selulitis.

Apa itu Selulitis?
Selulitis adalah kondisi kulit yang terkenal, yang dapat disebabkan oleh banyak bakteri, yang paling populer adalah Streptococcus dan Staphylococcus.

Bagaimana Anda bisa mengenali memiliki selulitis? Nah, salah satu gejala yang paling umum dari hasil rekam medis adalah kulit merah dan bengkak yang menyakitkan saat disentuh. Jika Anda menyentuh daerah yang terinfeksi, Anda akan melihat kulitnya cukup hangat, dan memiliki lapisan "mengkilap".

Ada empat jenis selulitis yang dikategorikan berdasarkan bagian dari bakteri yang dapat menginfeksi:

● Selulitis payudara 
● Selulitis wajah (paling umum menyerang pipi atau hidung)
● Selulitis periorbital atau radang kulit mata 
● Selulitis perianal yang memiliki efek pada lubang anus

Seperti yang Anda lihat, selulitis dapat menginfeksi organ di tubuh Anda. Namun, fakta dari Artria yang paling mengejutkan dan menakutkan adalah bahwa selulitis dapat menjadi mengancam jiwa jika patogen menyebar dalam aliran darah, atau pembuluh getah bening dan kelenjar getah bening. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang seberapa serius selulitis, pastikan untuk memeriksa artikel ini di mana kami membahas semuanya tentang peradangan .

Apa Yang Dapat Menyebabkan Selulitis?
Seperti yang disebutkan sebelumnya, selulitis sebagian besar terkait dengan bakteri Streptococcus dan Staphylococcus . Ini adalah kondisi kulit yang terjadi ketika bakteri menembus lapisan kulit terdalam.

Bagaimana bakteri masuk ke tubuh Anda? Beberapa cara: Jika Anda memiliki luka terbuka atau luka, luka bakar atau lepuh. Faktanya, jika Anda memiliki ketidakseimbangan kulit, seperti eksim, psoriasis atau kaki atlet, tubuh Anda lebih rentan terkena selulitis. Karena bakteri selalu ada di sekitar kita, memiliki kondisi kulit tertentu tidak akan membuat Anda langsung mendapatkan selulitis, tetapi sistem kekebalan tubuh yang melemah akan melakukannya. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda , pastikan untuk memperhatikan diet Anda, berolahraga secara teratur, dan cukup tidur.

Penyebab lain dari selulitis termasuk penyakit yang cenderung memperlambat sirkulasi, seperti diabetes, obesitas, dan kehamilan.

Obesitas dan Diet sebagai Penyebab Selulitis
Satu fakta yang tidak dapat dibantah adalah peradangan kulit ini dapat terjadi pada usia berapa pun , kapan saja. Harus berada di dekat banyak orang selama hari kerja Anda, membuatnya benar-benar dimengerti bahwa Anda akan khawatir selulitis menyebar. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menjawab pertanyaan, "Apakah selulitis menular?"

Apakah Periorbital Cellulitis Menular?
Selulitis periorbital adalah selulitis kelopak mata, yang bermanifestasi sebagai pembengkakan pada bagian mata, dan mempengaruhi kulit di sekitar mata. Ini paling sering disebabkan oleh gigitan serangga, goresan atau luka yang terjadi di dekat mata, dan biasanya menyerang anak-anak .

Seperti yang dinyatakan  selulitis periorbital dapat berbahaya jika menyebar ke rongga mata, menjadi selulitis orbital. Jika jenis selulitis ini terjadi, dan tidak diobati pada waktunya, dapat menyebabkan masalah penglihatan, termasuk kebutaan total. Nah, apakah selulitis jenis ini menular? Sebagian besar tidak, karena selulitis tidak menyebar dari orang ke orang. Namun, jika Anda menyentuh mata anak Anda dengan luka terbuka di tangan, gigitan serangga atau masalah kulit lainnya, Anda meningkatkan kemungkinan terkena selulitis sendiri.

Apakah Cellulitis Menular Bahkan Setelah Meminum Antibiotik?
Selulitis tidak dapat disebarkan hanya dengan menyentuh orang yang terinfeksi. Karena itu, menyentuh seseorang yang telah dirawat dengan baik untuk selulitis seharusnya tidak menjadi masalah. Yang mengatakan, jika orang yang terinfeksi belum mengambil obat dengan benar, ada kemungkinan besar bakteri masih dalam tubuh. Sebagai tindakan pencegahan, cobalah untuk tidak terlalu akrab dengan pembawa selulitis, karena Anda tidak pernah tahu apakah ada luka terbuka pada kulit Anda, atau apakah sistem kekebalan tubuh Anda cukup kuat untuk melindungi Anda dari selulitis.

Ketika datang ke perawatan selulitis, yang kami sentuh sedikit kemudian di posting ini, ada satu hal yang harus Anda ketahui: jika tidak ada gejala serius (seperti demam atau tekanan darah tinggi), antibiotik akan mulai bekerja setelah hanya beberapa hari. Pada dasarnya, Anda akan langsung merasa lebih baik. Namun, itu tidak berarti bahwa Anda harus berhenti minum antibiotik - sebaliknya, Anda harus sangat gigih, dan mengikuti petunjuk dokter.

Dapatkah Cellulitis Disebar Ketika Mendapatkan Tato?
Atau, haruskah kita katakan, apakah keretakan pada kulit saat tato membuat selulitis menular? Hmm, katakanlah tidak.

Pertama-tama, kami mengandalkan Anda untuk mengunjungi seorang profesional untuk mendapatkan tato. Seorang seniman tato profesional harus memiliki peralatan yang disterilkan. Namun, bahkan dengan langkah-langkah higienis ini, Anda masih memiliki peluang terkena infeksi kulit seperti selulitis. Karena membuat tato merusak lapisan pelindung kulit, menancapkan jarum ke kulit hanya dapat meningkatkan risiko bakteri masuk ke pori-pori dan lapisan yang lebih dalam.

Apakah ada kemungkinan Anda dapat menurunkan risiko ini? Ya, itu sangat sederhana - pastikan untuk menggosok alkohol pada bagian kulit tempat Anda akan ditato. Ini tidak akan mencegah kulit dari retak selama tato, tetapi setidaknya kulit Anda akan sepenuhnya disterilkan.

Dapatkah Cellulitis Disebarkan Melalui Air Liur?
Apakah Selulitis Menular - Selulitis Menyebar Melalui Air Liur
Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan. Lebih tepatnya, apakah berciuman membuat selulitis menular? Tentu saja tidak. Seperti yang disebutkan sebelumnya, selulitis mempengaruhi lapisan kulit yang lebih dalam - dermis dan jaringan subkutan. Jika bakteri belum masuk ke aliran darah, Anda tidak perlu khawatir . Jawaban yang sama berlaku untuk pertanyaan apakah selulitis ditularkan secara seksual atau tidak.

Jadi, Bagaimana Seharusnya Anda Mengobati Selulitis?
Mengobati Selulitis dengan Antibiotik
Selulitis paling sering diobati dengan antibiotik oral. Bahkan, dapat diobati dengan beberapa jenis antibiotik , tergantung pada bakteri yang menyebabkannya. Obat-obatan tersebut kemungkinan besar adalah turunan dari penisilin. Namun, jika infeksi menyebar dan menyebabkan gejala yang lebih serius, dokter Anda akan merekomendasikan rawat inap, dan akan merawat kondisinya dengan antibiotik dan kantung IV.

Apakah hanya itu yang diperlukan untuk mengobati peradangan kulit ini? Sulit! Mari kita berhenti sejenak dan berpikir tentang kontroversi mengenai pertanyaan, “ Apakah selulitis menular? "Mengapa begitu populer, dan mengapa semua orang bertanya-tanya tentang topik khusus ini? Alasannya sederhana - selulitis dapat dengan mudah menjadi penyakit seluruh tubuh yang menyebar melalui aliran darah.

Namun, ada satu hal yang belum kami sebutkan. Jika gejala selulitis Anda menjadi lebih parah, Anda harus menjalani operasi. Dokter klinik atau rumah sakit perlu mengeluarkan bagian yang terinfeksi secara fisik dari tubuh Anda . Dengan melakukannya, antibiotik akan menjadi lebih efektif, dan Anda akan sembuh lebih cepat. Sejujurnya, tidak ada yang mau menjalani operasi untuk kondisi kulit yang dapat diobati dengan antibiotik oral. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dan mengenali gejala pertama infeksi kulit ini.

Setelah Hilang, Hilang Selamanya?
Sayangnya tidak, tetapi itu tidak berarti Anda harus mendapatkannya lagi. Untuk memastikan Anda menurunkan kemungkinan mendapatkannya, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah meminum antibiotik sesuai resep dokter. Jika Anda mengambilnya selama 10 hari, pastikan untuk menyelesaikannya. Mengapa? Karena minum obat untuk waktu yang kurang dari yang ditentukan tidak dapat membunuh bakteri, yang berarti infeksi akan segera kembali.

Mencegah Selulitis - Mengenakan Tabir Surya
Selain merawat kondisi dengan benar, Anda harus sangat berhati-hati dengan kulit Anda. Apa artinya? Nah, satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kulit Anda sehat adalah memakai tabir surya setiap kali Anda pergi (tidak hanya selama musim panas!). Saat berolahraga dan berolahraga di luar ruangan, pastikan untuk mengenakan perlengkapan yang memadai. Ini mungkin terdengar asing. Tapi, bagaimana dengan keadaan di luar kendali Anda, seperti gigitan serangga? Tidak masalah - cukup gunakan obat nyamuk sebelum pergi ke luar.

Berikut tip lain: Cuci tangan Anda secara teratur dan bersihkan luka dan luka dengan alkohol. Menambahkan salep antibiotik sebelum membalut dan menutupi luka, selalu merupakan pilihan yang baik.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Online | Pengalaman Belajar Online Dengan Cepat Dan Mudah

Madrona car wash services

Cara mencegah myalgia, penyakit nyeri otot